Tentang Kami

Siapa itu FSP Farkes Reformasi ?

Federasi Serikat Pekerja Farmasi dan Kesehatan Reformasi atau FSP FARKES-R adalah serikat pekerja yang terdiri dari 5 (lima) sektor, yakni Farmasi, Rumah Sakit, JamuKosmetik dan Umum, yang berdiri sejak 20 Februari 1973. Kekuatan dan pengalaman yang dimiliki oleh FSP FARKES-R dikokohkan dengan menjadi bagian dalam pergerakan serikat pekerja tingkat nasional dengan berafiliasi pada Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), dan secara internasional berafiliasi pada Public Services International (PSI) dan IndustriALL-Global Union.

FSP FARKES-R adalah organisasi independen, organisasi yang tidak mendukung salah satu partai politik dan tidak didukung oleh salah satu partai politik. FSP FARKES-R juga bukan organisasi sekterarian, memperjuangkan kepentingan semua pekerja tanpa diskriminasi karena jenis kelamin, suku, ras, agama atau aliran kepercayaan.

Apa yang dikerjakan oleh FSP Farkes Reformasi ?

  • Negosiasi: membantu serikat pekerja dalam mempersiapkan perundingan untuk pembuatan Perjanjian Kerja Bersama (PKB)
  • Representasi atau mewakili: FSP FARKES-R mewakili anggota-anggota individual ketika mereka menghadapi masalah hubungan industrial. Ketika seorang pekerja mendapat permasalahan di tempat kerja, maka ia dapat meminta serikat pekerja untuk mewakili dirinya menyelesaikan persoalan tersebut dengan pemberi kerja/pengusaha; bahkan jika diperlukan hingga ke tingkat mediasi dan atau ke pengadilan industrial.
  • Informasi dan saran: serikat pekerja memiliki kekayaan informasi yang berguna bagi pekerja. Juga dapat memberikan saran-saran mengenai beragam isu yang luas yang berkaitan dengan ketenagakerjaan, seperti: upah, kondisi dan syarat kerja, hak cuti dan hak pekerja perempuan,  serta berbagai pelatihan yang diperlukan oleh pekerja dan serikat pekerja.
  • Layanan keanggotaan: meliputi banyak hal yang memberikan manfaat langsung bagi pekerja/anggota dan keluarganya, misalnya: konsultasi, bantuan hukum/advokasi dan lain sebagainya.
  • Pendidikan dan pelatihan: FSP FARKES-R menyediakan program pengembangan ketrampilan dan pengetahuan yang akan memberikan bekal bagi pekerja/anggotanya yang ditujukan untuk lebih memahami organisasi/serikat pekerja, hubungan industrial serta penyelesaian perselisihan hubungan industrial, negosiasi dan keterampilan pembuatan PKB, dll.

Serikat pekerja adalah hak!

Pasal 5, UU No. 21/2000 tentang Serikat Pekerja/Serikat Buruh menyebutkan:

  • Setiap pekerja/buruh berhak membentuk dan menjadi anggota Serikat Pekerja/Serikat Buruh
  • Serikat pekerja/serikat buruh dibentuk oleh sekurang-kurangnya 10 (sepuluh) orang pekerja/buruh.

Pasal 28, UU No. 21/2000 tentang Serikat Pekerja/Serikat Buruh berbunyi, “Siapapun dilarang menghalang-halangi atau memaksa pekerja/buruh untuk membentuk atau tidak membentuk, menjadi pengurus atau tidak menjadi pengurus, menjadi anggota atau tidak menjadi anggota dan/atau menjalankan atau tidak menjalankan kegiatan serikat pekerja /serikat buruh dengan cara”:

  • melakukan pemutusan hubungan kerja, memberhentikan sementara, menurunkan jabatan, atau melakukan mutasi;
  • tidak membayar atau mengurangi upah pekerja/buruh;
  • melakukan intimidasi dalam bentuk apapun;
  • melakukan kampanye anti pembentukan SP/SB
Rating: 5.0/5. From 1 vote.
Please wait...
Voting is currently disabled, data maintenance in progress.
Translate »