DPD FSP FARKES Reformasi Jawa Timur Gelar Mukerda I

IMG-20181111-WA0024

Dewan Pimpinan Daerah Federasi Serikat Pekerja Farmasi dan Kesehatan  Reformasi ( DPD FSP Farkes Reformasi) Jawa Timur mengadakan Musyawarah Kerja Daerah  ( Mukerda) I pada Hari Sabtu- Minggu ( 10 – 11 /11/2018). Dengan mengambil tempat di Hotel Lie Mas Tretes, Prigen , Pasuruan Jawa Timur.

Kegiatan ini dihadiri oleh 55 orang, yang terdiri para perangkat yakni Pimpinan Unit Kerja  (PUK) FSP Farkes Reformasi PT Meiji Indonesia, PUK FSP Farkes Reformasi PT. Interbat, PUK FSP Farkes Reformasi PT. Berno Farm,  PUK FSP Farkes Reformasi PT.Hisamitsu, PUK FSP Farkes Reformasi PT. Coronet Crown dan PUK FSP Farkes Reformasi PT. Rembaka. dan juga perangkat Dewan Pimpinan Cabang ( DPC) FSP Farkes Reformasi  Pasuruan , DPC FSP Farkes Reformasi Sidoarjo , serta segenap pengurus DPD FSP Farkes R Jawa Timur.

Selain itu , acara juga dihadiri oleh para undangan, diantaranya, Ketua Umum FSP Farkes R  Idris Idham, Perwakilan Solidarity Centre Jakarta Izzah Inzamliyah, Ketua Perda KSPI Jawa Timur Apin Sirait, dan anggota aliansi KSPI  Jawa Timur , yakni SP PPMI Sudarmaji, DPD SP Pariwisata Arip, DPD SP Kahutindu Edy Purwanto ,dan DPD FSPKEP yang di wakili Apin Sirait.

Sedangkan untuk  perwakilan Pemerintah ,hadir Kakandisnakertrans Provinsi Jawa Timur yang di wakili oleh  Dra. Puspita ,MM sebagai Kabid Disnaker Propinsi Jawa Timur.

Sugiyono, selaku Ketua DPD FSP Farkes Reformasi , dalam sambutannya mengatakan , “ Pelaksanaan Mukerda  ini sesuai dengan program kerja DPD FSP Farkes Reformasi Provinsi Jawa Timur dan dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja kerja organisasi”.

Sementara itu, Kabid Disnaker Propinsi Jawa Timur , Puspita  , dalam sambutannya pada pembukaan Mukerda I ini berpesan hendaknya segenap para  pengurus PUK khususnya dan jajaran perangkat serikat pekerja pada umumnya, untuk terus mengadakan training dan pelatihan untuk meningkatkan  wawasan , terutama di bidang ketenaga kerjaan. seperti pemahaman tentang Per UU, K3, cara Negosiasi, PKB, dan sebagainya.

Agenda kegiatan selanjutnya , adalah  Pembekalan Mukerda I dengan mengadakan Workshop dan diskusi bersama. Adapun beberapa materi yang disampaikan , adalah sebagai berikut :

  1. “ Tantangan  FSP Farkes Reformasi ke depan” yang disampaikan oleh Idris Idham, Ketua Umum FSP Farkes Reformasi. Dalam kesempatan ini Idris memberikan gambaran berbagai tantangan dan hambatan yang dihadapi serikat pekerja dalam upaya terus memperjuangkan kesejahteraan anggotanya.
  2. Manajemen/Pengelolaan Keuangan FSP Farkes Reformasi di bawakan oleh Burhanuddin, selaku Ketua Bidang Pendidikan DPP FSP Farkes Reformasi. Burhanudin menekankan pentingnya strategi dalam mengatur dan mengelola keuangan agar dana yang tersedia dapat digunakan secara efektif dan efisien.
  3. Perkenalan isu Revolusi Industri 4.0 , Oleh Izzah Inzamliyah. Aktivis yang bekerja d Solidarity Center ini menjelaskan dengan detail tentang isu yang kini banyak dibicarakan di kalangan pelaku industri. Mulai dari definisi, sejarah serta pengaruhnya  terhadap tenaga kerja yang ada.

Acara hari pertama di tutup oleh agenda sidang pembacaan laporan tahunan DPD FSP Farkes Reformasi.

Dalam kegiatan yang dilakukan selama dua hari ini, panitia menyiapkan agenda dengan sangat padat, namun sangat  menyenangkan.

Burhanudin, Selaku ketua panitia penyelenggara acara ,dan Ketua Bidang pendidikan ini , mengatakan , “ Untuk menjaga stamina kesehatan agar peserta lebih sehat, pada Minggu pagi, panitia mengadakan acara olah raga, yakni jalan sehat bersama sekitar 5 km “. Acara  di ikuti oleh seluruh peserta dengan semangat dan gembira.

Dihari kedua kegiatan, Musyawarah Kerja mulai digelar.  Dan diperoleh hasil sebagai berikut :

  1. Seluruh PUK FSP Farkes Reformasi akan menjalankan  iuran anggota COS sesuai AD/ART 2017 -2022 yaitu 1%  , dimulai Januari 2019.
  2. Pengembangan SP Farkes Reformasi , secara Internal , dengan  merekrut pekerja lain yang non anggota untuk menjadi anggota PUK . Dan secara external merekrut pekerja perusahaan atau rumah sakit lain  untuk mendirikan dan menjadi anggota FSP Farkes Reformasi.
  3. Mengadakan Sosialisasi Struktur dan Skala Upah (SSU).
  4. Pengawalan pelaksanaan UMK/UMSK 2019.
  5. Membentuk Team Advokasi  untuk anggota SP Farkes R Jawa Timur.

“ Dengan dicapainya beberapa keputusan dalam Mukerda I, diharapkan  kegiatan organisasi akan lebih terarah dan dapat menjadi lebih fokus dalam menjalankan program  FSP Farkes Reformasi di Propinsi Jawa Timur. Dan juga akan lebih memudahkan dalam upaya meningkatkan Kesejahteraan Anggota dan keluarganya.” tambah Burhanudin.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Translate »