Dalam Situasi Krisis, Pertumbuhan Ekonomi Tetap Bisa Meningkat, Dengan Meningkatkan Daya Beli Rakyat Melalui STOP PHK dan Kebijakan UPAH MURAH

IMG-20200701-WA0006

Jakarta, FarkesOnline – Kita tidak bisa memungkiri jika saat ini Negara Indonesia sedang mengalami Krisis. Krisis ini bukanlah terjadi sepenuhnya karena Pandemi COVID -19, namun sebelum pandemi Negara Indonesia memang sudah mengalami ketidakstabilan ekonomi.

Dan Pandemi COVID -19 inilah menjadi puncak semakin terpuruknya ekonomi Negara. Tidak hanya krisis ekonomi tetapi ditambah juga dengan krisis kesehatan.

Langkah Pemerintah dalam penanganan pandemi perlu kita apresiasi, terlepas pro dan kontra yang terjadi dilapangan. Tapi sudah hal pasti Pemerintah harus terus mengevaluasi, apalagi kondisi Negara sedang mengalami Krisis Ekonomi.

Krisis Ekonomi di Indonesia bisa di antisipasi dengan langkah dan strategi yang serius dan tegas dalam implementasinya.

Ada beberapa hal penting, Kami dari Farkes Reformasi menegaskan kepada Pemerintah harus melakukan hal-hal berikut :

1) Tingkatkan Daya Beli Rakyat
Daya Beli bisa diartikan mampu tidaknya rakyat memperoleh dengan membayar barang atau jasa yang diinginkan. Jadi, Daya Beli jelas sangat berpengaruh sekali terhadap ekonomi negara.

Jika Daya Beli Rakyat Menurun sudah pasti keinginan rakyat untuk mendapatkan barang/jasa akan ikut menurun, dan sudah pasti UMKM akan terseok-seok.

Faktor yang membuat penurunan Daya beli diantaranya penghasilan yg menurun, harga barang/jasa naik.

2) Tingkatkan UMKM
Kebijakan Pemerintah mengenai akan fokus terhadap UMKM yaitu dengan mensupport anggaran untuk sektor UMKM sudah sangat tepat sekali, namun fakta dilapangan keterkaitan dengan hal tersebut jauh berbeda, indikasinya banyak UMKM yang gulung tikar dll.
Pemerintah harus mengevaluasi dan memantau langsung kebijakan tersebut agar sampai kepada Rakyat.

3) STOP PHK, UPAH MURAH
Faktor inipun menjadi salah satu tombak ataupun pondasi utama dalam meningkatkan Daya Beli Rakyat yang juga akan meningkatkan pertumbuhan Ekonomi Negara.

Pemerintah harus memperhatikan Pekerja/Buruh Indonesia yaitu STOP PHK dan UPAH MURAH. Pemerintah harus menindak tegas pengusaha yang melakukan PHK Sepihak, dan pemerintah bisa tingkatkan UPAH dengan menghapus PP78/2015.

Jadi, kunci utama dalam menangani krisis Ekonomi selain Daya Beli dan UMKM, adalah perhatikan Pekerja/Buruh Indonesia.

Jika Pekerja/Buruh tidak di PHK dan di UPAH MURAH, maka tingkat Daya Beli akan meningkat, dan UMKM akan terus berjalan, dan yang akhirnya Ekonomi Negara Meningkat.

Dan Jangan Lupa Kebijakan Omnibuslaw, Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan, TAPERA, 100 % semua itu akan semakin memperburuk rakyat khususnya Pekerja, dan masalah Krisis Tak akan bisa diatasi…

No votes yet.
Please wait...
Voting is currently disabled, data maintenance in progress.

Tinggalkan Balasan

Translate »