Ketika Squidward dan Spongebob Mogok Kerja

images (5)Jakarta, FarkesOnline – Seperti yang dikutip dari website Koran Perdjoeangan, ternyata nasib buruh pernah diangkat dalam salah satu episode SpongeBob. Episode itu mengisahkan Squidward dan SpongeBob yang melancarkan pemogokan. Mereka berdua adalah karyawan di restoran cepat saji “Krusty Krab”.

Spongebob dan Squidward mogok kerja karena digaji begitu rendah oleh Tuan Krab, padahal mereka sudah bekerja cukup lama disana tapi tidak pernah mengalami kenaikan gaji, karena sosok Tuan Krab yang gila uang. Spongebob yang polos dan selalu berpikiran positif, malah dengan muka riang melakukan mogok kerja.

Dia tidak benar-benar mengerti apa itu mogok kerja. Dia hanya melakukan itu, karena disuruh oleh Squidward, dengan orasi-orasi yang sudah diajarkan oleh Squidward. Pertama, hal itu sangat mewakili keadaan dunia saat ini dimana banyak sekali perusahaan-perusahaan yang membayar karyawannya dengan sangat rendah, meskipun sudah mengabdi lama pada perusahaan itu. Bisa dilihat, bahwa banyak sekali aksi mogok kerja terjadi akhir-akhir ini

Tuntutan mereka sangat normatif: ingin diperlakukan secara adil oleh Tuan Krabs, si pemilik restoran yang begitu pelit.
Spongebob dan Squidward membagi selebaran ke banyak penduduk Bikini Bottom. Mereka menyampaikan segala rahasia ketidak-adilan yang diberlakukan Tuan Krab kepada para pekerjanya.

“Para penduduk Bikini Bottom, kalian harus tahu: Tuan Krab, telah berbuat sewenang-wenang terhadap kami. Ini tidak boleh dibiarkan. Kami menuntut hak-hak kami. Jika tidak, kami berjanji akan menuntut dan akan mogok kerja sampai hak-hak kami dikembalikan. Kami akan menghancurkan tirani ini.”

Para penduduk Bikini Bottom terkesima dengan orasi Squidward yang begitu semangat dan begitu berapi-api. Tapi tatkala orasi selesai, seketika para penduduk Bikini Bottom yang tadinya menyaksikan dan khidmat mendengar, pergi begitu saja.

“Wah, ternyata lelah juga setelah mendengar orasi ini. Yuk, kita pergi menyantap Krabypaty!” ucap seseorang.
Squidward ditinggalkan begitu saja.

“Tak ada yang peduli dengan nasib para buruh, selama kebanyakan orang masih ingin mendapatkan kesenangan yang instan,” keluh Squidward.

Spongebob dan Squidward sangat mewakili keadaan dunia saat ini dimana banyak sekali perusahaan-perusahaan yang membayar karyawannya dengan sangat rendah, meskipun sudah mengabdi lama pada perusahaan itu. Bisa dilihat, bahwa banyak sekali aksi mogok kerja terjadi akhir-akhir ini.

Dan, ucapan Squidward “Tak ada yang peduli dengan nasib para buruh, selama kebanyakan orang masih ingin mendapatkan kesenangan yang instan,”saya yakin juga ada pada kehidupan nyata, dimana ada masyarakat yang nyinyir bahkan membully dengan gerakan buruh selama ini.

Sumber : www.koranperdjoeangan.com

No votes yet.
Please wait...
Voting is currently disabled, data maintenance in progress.

Tinggalkan Balasan

Translate »